Image and video hosting by TinyPic

Monday, August 18, 2014

Efektif dan Efesien

Bila ingin mengoptimalkan waktu dengan sebaik-baiknya, langkah yang tepat untuk menciptakan hal tersebut yaitu membuat perencanaan yang baik. Efektif dan efesien mencerminkan optimalnya suatu pekerjaan, sederhananya efektif dan efesien akan mengorbankan sekecil-kecilnya input untuk menghasilkan output terbaik. Standar oprasional prosedur (SOP) dirasa belumlah cukup, mengingat pasar itu sifatnya dinamis berubah-rubah menyesuaikan dengan peristiwa yang ada.

Untuk mencapai efesiensi dalam bekerja, poin utama yang harus dilakukan pertama kali yaitu menganalisis permasalahan sendiri; mengenali masalah, mengidentifikasi lalu selanjutnya dicari solusinya. Melalui tahapan tadi peta permasalahan dapat dilihat dengan jelas sehingga memudahkan menyusun rangkaian kerja yang efektif.

Membuat skala prioritas untuk mencapai hal yang ideal adalah penting, mengidamkan kesukesesan tanpa proses berkualitas hanya akan sia-sia, mudahnya dapat kita bandingkan dengan membandingkan gadget merk Apple yang diciptakan dengan proses, detail, dan fungsi yang digarap serius vs gadget buatan cina yang kita tau malah banyak malfungsi.

Membuat skala prioritas pertahap disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai merupakan lankah yang efektif dan efisen. Apapun perkerjaanya, prosesnya baiknya efesien dan efektif. Mungkin proses awalnya akan agak panjang dan rumit, mengingat mengidentifikasi masalah lalu menindaklanjuti dengan beberapa opsi penyelesaian membutuhkan waktu yang tidak singkat.

Namun biarlah, memang begitulah bekerja yang baik, semua harus bertahap, bila peta masalah sudah didapat, perosalan akan dapat dipecahkan secara efektif dan efesien, mengingat semua variable masalah sudah di identifikasi dan tercatat. Efisensi dan Efektif dua kunci optimalisasi pekerjaan, ya begitulah hasil pengamatan bekerja yang baik hari ini.

Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Post a Comment